Sampai hari ini, masih banyak orang yang berpandangan negatif tentang MLM. Robert Kiyosaki penulis buku laris “Rich Dad Poor Dad” adalah seorang yang dulunya juga berpandangan sangat negatif tentang MLM.Robert Kiyosaki - Patrice Samuel Robinson - LegalShield Setelah memenuhi tujuannya untuk mencapai kebebasan keuangan, Robert Kiyosaki ingin membagi pengetahuannya dengan banyak orang, dan membantu mereka untuk juga mencapai kebebasan keuangan. Dia menulis buku “Rich Dad Poor Dad”, dan “Cash Flow Quadrant” untuk memperkenalkan konsep kebebasan keuangan kepada banyak orang. Robert mulai mengajar orang-orang bagaimana mereka bisa keluar dari mentalitas kemiskinan yang membuat banyak orang sangat terikat dengan pekerjaan mereka. Ia ingin membantu orang-orang untuk mencapai kebebasan keuangan seperti yang dialami dirinya sendiri.

Buku “Cash Flow Quadrant” memperkenalkan konsep aliran keuangan dan menjelaskan apa yang menciptakan kekayaan, dan apa yang menghambat pencapaian kekayaan kepada banyak orang.

Robert menjelaskan bahwa orang-orang yang berada di kuadran E (Employed) dan S (Self employed) menukar waktu mereka dengan penghasilan yang mereka dapatkan. Bahkan orang-orang seperti dokter, pengacara, dan prfesional lainnya sedang menukar waktu mereka untuk penghasilan yang mereka dapatkan. Satu-satunya cara untuk mendapatkan penghasilan yang lebih adalah dengan menjual lebih banyak waktu Anda.

Dia kemudian menjelaskan bahwa kalau Anda ingin mencapai kebebasan keuangan maka Anda harus ada di kuadran B (Business) atau I (Investments). Untuk masuk kuadran ini perlu ada perubahan dari cara Anda berpikir tentang kekayaan dan perlu pengembangan keahlian bisnis yang baru.

Bagaimana cara orang di kuadran E dan S untuk pindah ke B atau I?

Robert mulai mengajar tentang bagaimana cara dia membangun bisnisnya sendiri. Disini Robert mengalami kegagalan karena banyak orang ternyata tidak mempunyai cukup stamina dan keahlian untuk mencapai sukses. Selain itu tingkat kegagalan dari sebuah bisnis juga sangat tinggi. Dalam 5 tahun pertama, 90% dari bisnis akan mengalami kebangkrutan. Banyak orang akhirnya gagal keluar dari kuadran E dan S.

Salah seorang teman Robert yang sudah berhasil di bisnis MLM kemudian memberitahukannya bahwa banyak orang sudah mengerti tentang bagaimana menciptakan kekayaan, tetapi kendala utama mereka adalah kurangnya modal untuk memulai bisnis.

Dari temannya, Robert mempelajari satu hal yang sangat menarik tentang bisnis MLM yaitu ternyata untuk mencapai keberhasilan di bisnis MLM maka temannya juga perlu terlebih dahulu menolong orang-orang untuk mencapai keberhasilan juga. Satu hal inilah yang tidak bisa Robert lakukan di bisnis propertinya.

Kemudian, Robert mulai mempelajari MLM lebih dalam lagi. Dari hasil pembelajarannya, dia menyimpulkan bahwa MLM adalah sebuah bisnis yang masuk akal, sistem yang membutuhkan modal kecil sehingga memungkinkan banyak orang untuk memulai bisnisnya sendiri.

Robert Kiyosaki yang tadinya sangat negatif tentang MLM justru sekarang menjadi orang yang sangat gencar mempromosikan MLM kepada banyak orang yang ingin mencapai kebebasan keuangan. Menurut Dia, MLM adalah satu-satunya cara yang paling praktis, paling aman, dan paling mudah jika Anda ingin masuk kuadran B. Tetapi yang lebih penting adalah di MLM Anda hanya bisa menciptakan kekayaan dengan cara membantu orang-orang untuk menciptakan kekayaan. Anda harus membantu orang-orang untuk bisa pindah dari kuadran E dan S ke kuadran B dan I.

Di luar Robert Kiyosaki, ada banyak tokoh-tokoh dunia yang juga sangat merekomendasikan MLM sebagai sistem bisnis yang sangat efektif untuk membawa Anda kepada kebebasan keuangan. Tokoh-tokoh tersebut diantaranya:

- “Dari tahun 2006 sampai tahun 2016 akan ada 10 juta miliarder baru di Amerika yang dihasilkan industri MLM, dan jumlah ini akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang.” – Paul Zane Pilzer (Pengamat ekonomi, dan penulis buku-buku terlaris)

- “Dari seluruh investasi yang pernah saya lakukan, maka Investasi di bisnis MLM adalah investasi terbaik yang pernah saya lakukan” – Warren Buffet (Investor dan salah satu orang terkaya di dunia)

- “Industri MLM mempromosikan nilai-nilai yang luhur, dan memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk merubah hidup mereka.” – Bill Clinton (Mantan Presiden Amerika)

- “Jika saya harus kehilangan seluruh bisnis saya, maka saya akan memulai sebuah bisnis MLM.” – Donald Trump (Salah satu pengusaha properti terkenal di dunia)

- “Saya pikir MLM adalah cara yang paling mudah untuk menjadi pengusaha.” – Dr. Stephen Covey (Penulis buku laris “7 Habits of Highly Effective Network Marketers.”)

Hari ini para pakar Ekonomi mengakui bahwa MLM adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Dan ini bukan hanya sekadar tren, tetapi akan menjadi sebuah gerakan yang mengubah wajah dunia. Mengapa demikian? Karena industri ini memakai konsep wiraswasta yang bisa dijalankan di rumah. Padahal, konsep ini justru sedang tren, dan akan digandrungi di seluruh dunia!

Sekarang pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri adalah: “Apakah saya akan menjadi salah satu dari orang yang Cuma akan menyaksikan saja bagaimana MLM mencapai puncak kesuksesannya pada masa sepuluh tahun yang akan datang? …, Atau sebaliknya, saya akan menjadi salah satu orang yang membantu MLM mencapai masa kejayaannya dan turut menikmati keberhasilannya?

Jangan menunggu lama-lama! Kini saat yang tepat untuk Anda bergabung bersama keluarga besar VANTROS! Hari ini juga Anda sudah bisa memposisikan diri Anda pada awal sebuah gerakan bisnis yang akan menggoncang dunia. Oleh karena itu, manfaatkanlah peluang ini sebelum orang lain memanfaatkannya. Kini tibalah giliran Anda … untuk meniru jalan yang akan membawa Anda menjadi orang kaya!