Ketika Anda bergerak maju dalam perjalanan Anda dari tempat Anda sekarang ke tempat yang ingin Anda tuju, Anda akan berhadapan dengan ketakutan. Rasa takut adalah sesuatu yang alami. Setiap kali Anda memulai sesuatu yang baru, memulai suatu petualangan yang baru, atau meletakkan diri Anda di luar sana, maka biasanya Anda akan merasa takut. Sayangnya, rasa takut membuat orang-orang berhenti untuk mengejar dan mencapai impian mereka.

Jutaan tahun yang lalu, rasa takut sangat bermanfaat untuk melindungi kita dari bahaya-bahaya yang mengancam seperti dari binatang buas. Tetapi sekarang ini, sebagian besar ancaman yang kita hadapi bukanlah ancaman yang berbahaya bagi hidup kita. Rasa takut yang kita alami tidak lagi melindungi kita, tetapi itu justru mencegah kita untuk bertumbuh.

Rasa takut bahasa inggrisnya FEAR (Fantasized Experiences Appearing Real) yang artinya pengalaman-pengalaman tidak nyata yang kelihatan sangat nyata. Tetapi hari ini kita akan melihat istilah baru yaitu FOCUS (Fantasized Outcomes Creating Unlimited Success) yang artinya impian yang kita bayangkan akan menciptakan sukses besar.

Berikut adalah 5 cara bagaimana Anda bisa FOCUS untuk mencapai hasil yang lebih baik:
1. Perhatikan pikiran Anda. Pikiran akan menghasilkan emosi. Jika Anda ingin merubah perasaan Anda, Anda harus merubah pikiran Anda. Ketika Anda merasa takut, perhatikan keadaan mental Anda. Perhatikan pikiran Anda yang mengarahkan Anda kepada perasaan takut. Pastikan Anda senantiasa memperhatikan pikiran Anda. Ketika Anda menangkap diri Anda sedang memikirkan pikiran yang akan menjauhkan diri Anda dari impian Anda segera ubah pikiran Anda.

2. Pilihlah pikiran-pikiran yang lebih positif. Anda tidak bisa menyingkirkan pikiran-pikiran negatif hanya dengan tidak memikirkannya. Ada satu hukum yang mengatur bahwa semua hal yang ingin Anda buang harus terlebih dahulu digantikan. Jadi, jika Anda ingin menghilangkan pikiran negatif maka Anda harus menggantikannya dengan pikiran , dan visualisasi yang positif.
Ketika Anda mengidentifikasi pikiran negatif yang memunculkan perasaan takut, maka cepat-cepat visualisasikan hal positif yang merupakan kebalikan dari yang negatif. Contohnya, jika Anda ingin menjadi seorang Crown, jangan pernah punya pikiran “Bagaimana seandainya saya gagal?” Tetapi sebaliknya, visualisasikanlah bagaimana seandainya kalau Anda berhasil.

3. Gunakan afirmasi. Afirmasi adalah pernyataan bahwa Anda sudah mendapatkan apa yang Anda inginkan (contohnya, “Saya adalah seorang Crown dengan penghasilan 200 juta rupiah setiap bulan”). Banyak orang yang pesimis dengan afirmasi, karena mereka pikir apa yang mereka katakan sebenarnya belum tercapai. Mereka tahu bahwa pernyataan itu tidak benar oleh sebab itu mereka tidak mempercayainya.
Afirmasi memberikan kesempatan seseorang untuk melihat dan merasakan bagaimana seandainya kalau mereka berhasil mencapai impian mereka. Jika Anda mendapati diri Anda sedang berpikir, “Bagaimana kalau seandainya hal ini tidak terjadi?” segera tanyakan kepada diri Anda, “Bagaimana seandainya jika ini berhasil?” tanyakan diri Anda, “Kenapa ini akan berhasil?” tanyakan diri Anda, “Bagaimana ini akan bekerja?”

4. Isilah visualisasi Anda dengan emosi. Ketika Anda memvisualisasikan sesuatu pastikan Anda juga melibatkan perasaan Anda. Sama seperti perasaan takut bisa menghentikan Anda, perasaan positif yang kuat justru akan memotivasi Anda untuk meraih kesuksesan lebih besar.
Para peneliti sudah membuktikan bahwa setiap gambaran yang dibayangkan dengan penuh perasaan akan tersimpan selamanya dalam memori Anda. Ketika Anda bisa memperkuat visualisasi Anda dengan musik, dengan perasaan yang sangat mendalam atau bahkan dengan meneriakkan afirmasi Anda dengan antusias maka hasilnya akan lebih luar biasa.

5. Anda harus realistis dengan resiko yang akan terjadi. Pastikan Anda tidak mengambil resiko lebih dari yang dapat Anda tanggung. Untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar, Anda harus berani ambil resiko. Oleh sebab itu pastikan Anda sanggup menerima resikonya jika Anda pada akhirnya gagal.
Ambillah tantangan sedikit demi sedikit. Jika Anda baru memulai bisnis ini, temui prospek yang Anda pikir punya peluang paling besar untuk bergabung. Ketika Anda berhasil dengan tantangan-tantangan yang kecil, dan berhasil mengatasi ketakutan Anda mulailah mengambil tantangan-tantangan yang lebih besar.
Para peraih prestasi mengetahui bahwa perasaan takut adalah sesuatu yang alami ketika mereka hendak mengejar impian mereka, tetapi mereka juga tahu bahwa tidak seharusnya mereka dikendalikan oleh perasaan takut tersebut. Terapkanlah 5 strategi di atas untuk mengatasi perasaan takut, dan hiduplah dengan FOCUS!